09 April 2018

Honda Janjikan Produk Anyar di IIMS 2018, HR-V dan BR-V Facelift?

Honda Janjikan Produk Anyar di IIMS 2018, HR-V dan BR-V Facelift?

Tinggal dua pekan sampai Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 mulai dihelat. Seperti biasa, produk baru sudah ancang-ancang meluncur. PT Honda Prospect Motor salah satunya. Mereka siap melepas produk anyarnya. Dikatakan, produknya berupa penyegaran dengan karakter yang sporty. Meski belum dibeberkan model baru apa yang disodorkan, kemungkinan crossover Honda HR-V facelift.

Alasannya, HR-V facelift sudah lama meluncur di Jepang dan beberapa negara tetangga, sementara Indonesia belum. Padahal, Indonesia punya angka jualan HR-V yang terbilang tinggi dan memang sudah waktunya ada penyegaran produk. Sah-sah saja kalau prediksi HR-V 2018 meluncur di IIMS nanti. Strateginya mirip dengan Honda Jazz yang facelift tahun lalu. Hanya saja tidak memanfaatkan pameran otomotif besar.

Perubahan HR-V facelift di luar sana bersifat kosmetik. Artinya hanya penyegaran ringan di sektor penampilan. Sama seperti yang terjadi di Jepang. Bagian wajah paling kentara ubahannya. Grille direvisi dengan bahasa desain Honda yang lebih modern, seperti City dan Accord. Sedang lampu utama masih sama dan bersanding dengan lampu siang hari. Kemungkinan teknologi LED diaplikasi pada versi facelift ini. Di bawah ada bemper yang juga direvisi, dengan airdam di bagian bawah (untuk saluran udara ke mesin) juga diubah bentuknya lebih besar.

Interior disegarkan dengan layar infotainment lebih besar. Ini juga dilakukan HPM pada Jazz tahun lalu. Tuas transmisi direvisi desainnya. Semakin modern dan kental aura Eropanya. Bagian kursi juga direvisi, meski secara visibilitas tak terlalu terlihat. Diklaim kursi baru menghasilkan kenyamanan lebih. Sedang dari jantung mekanis tak ada perubahan, masih menawarkan pilihan 1,5 dan 1,8 liter lengkap dengan transmisi CVT. Varian hybrid? Mungkin sulit berharap HPM memboyong hybrid, tapi berharap boleh saja.

Honda HR-V facelift juga bisa dijadikan tameng Honda untuk melawan Toyota C-HR yang juga tampil pada IIMS 2018. Paling tidak masyarakat masih mendapat pilihan produk crossover baru nantinya.

Selain HR-V ada juga rumor soal BR-V mendapat penyegaran. Pasalnya, Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT HPM pernah meyinggung soal penyegaran BR-V. Jika memperhatikan angka penjualan, 2018 bukan tahun yang baik bagi BR-V. Faktor kompetisi jadi sebabnya dan bisa juga karena memang ada penyegaran. Kemungkinan BR-V disegarkan dari penampilannya. Peningkatan sejumlah fitur dan kualitas juga jadi harapan khalayak ramai Indonesia atas BR-V.

Sayangnya kepastian mobil baru Honda di IIMS 2018 masih ditahan keran informasinya. Yang pasti HPM menjanjikan produk baru di salah satu pameran otomotif besar Indonesia itu. Seperti biasa, sampai informasi lainnya beredar, tetap harus sabar menanti. Kita tunggu saja kabar berikutnya dari Honda. (Tom/Van)