21 Maret 2018

Honda Odyssey 2018, Ini Keunikannya!

Honda Odyssey 2018, Ini Keunikannya!

Honda Odyssey 2018 diluncurkan awal Maret lalu. Perubahannya hanya bersifat minor memang, tapi banyak yang menanyakan apa fitur unggulan MPV ini? Karena itu, kami coba menelaah apa saja keunikan Odyssey generasi kelima ini.

honda odyssey

Mobil ini dibuat, sekalian mengisi segmen Honda Elysion yang mereka hapus dari daftar produk. Karena itu, dimensi Odyssey (di luar pasar Amerika) membesar, dengan kabin yang lebih praktis dan lega. Harga Honda Odyssey 2018 adalah Rp 720 juta. Mesin yang diusung 4-silinder berkapasitas 2,4 liter I-VTEC, yang bertenaga 175 PS. Torsinya 225 Nm, dan menggunakan transmisi otomatis model CVT untuk menyalurkan daya  ke roda depan.

Fitur Eksterior

Di depan, Honda memasang lampu utama dengan teknologi LED, lengkap dengan DRL yang tersemat di dalamnya. Di bagian bemper, terpasang fog lamp yang, lagi-lagi, sudah LED. Bentuknya menarik, karena tidak bulat seperti biasa, tapi ada lima lampu LED yang disusun segaris. LED juga digunakan untuk lampu belakang.

Satu hal lagi yang jarang dimiliki mobil lain adalah active cornering light. Pernah merasakan susahnya belok di tempat gelap? Nah, lampu ini akan membantu mengeliminir kesusahan seperti itu. Tentunya hanya tersedia saat lampu utama menyala.

Lampu juga tersedia di pintu geser elektrik. Ini memudahkan penumpang untuk melihat tempat berpijak saat keluar-masuk mobil. Lampu ini disebut courtesy light, dan menyala saat pintu dibuka.  

Di samping, pelek berdesain baru dengan 20 spoke berukuran 17 inci. Bentuknya, menurut kami, terbilang mendongkrak kesan mewah. Ban berukuran 225/55. Sebuah ukuran yang pas untuk mendukung kenyamanan karena tidak terlalu tipis. Soal handling, kami masih harus menunggu giliran untuk dipinjamkan unit tes oleh HPM.

Fitur Interior

Honda Odyssey memiliki tiga baris kursi dengan keleluasaan pengaturan yang patut diacungi jempol. Soal melipat dan mengatur kursi, Honda memang jagonya. Lihat saja Honda Jazz dengan pengaturan Ultra Seat.

Pada mobil ini, bukan Ultra Seat memang. Tapi baris ketiga bisa ‘hilang’ ditelan lantai saat tidak digunakan, dan menambah kapasitas bagasi. Atau, ini yang menarik, saat penumpang baris kedua merasa perlu ruang kaki ekstra, kursinya bisa mundur jauh ke belakang. Keuntungan lainnya, sandaran kursi bisa benar-benar rebah. Kelebihan itu juga didukung oleh sandaran kaki yang bisa diatur. Kemampuan ini disebut sebagai Cradle Seat oleh Honda. Toyota Alphard sekalipun tidak punya kemampuan ini. Sayang, pengaturan kursi cradle seat Odyssey masih manual alias tidak dilengkapi pengatur elektris.

Layaknya MPV yang praktis, Odyssey juga menyuguhkan ruang penyimpanan yang berlimpah di berbagai tempat, lengkap dengan soket USB. Untuk menghibur, tersedia roof monitor untuk penumpang belakang dan head unit dengan berbagai kemampuan ‘zaman now’ di depan. Selebihnya, ada fitur AC digital dengan soft touch berkemampuan climate control, dengan tiga zona pendinginan yang bisa diatur secara individual.

Fitur Pintar

Ini yang jarang diketahui. Odyssey bisa parkir sendiri. Tentunya bukan tanpa kehadiran pengemudi, tapi pengemudi tidak perlu repot memutar setir. Cukup dengan menggerakkan tuas transmisi dan mengerem untuk mengendalikan.

Honda Odyssey punya fitur yang disebut Smart Parking Assist, yang bisa membantu mendeteksi ruang parkir yang cukup untuk tubuhnya yang bongsor. Setelah itu, tekan tombol untuk mengaktifkan, lepas setir, dan biarkan berputar sendiri. Masukan gigi mundur, kendalikan dengan menginjak rem seperlunya. Beres. Anda tinggal memonitor saja dengan melihat spion, atau melalui kamera 360 derajat yang gambarnya ditampilkan di head unit. Dan ini berlaku untuk parkir seri atau paralel. (Ddn/Van)

 

Sumber : oto.com